Ir. Lintong Manurung, M.M. Ketua Umum Jaringan Pemerhati Industri dan Perdagangan yang Terus Berkarya untuk Bangsa

48 dibaca
Ir. Lintong Manurung, M.M. Terus berkarya untuk NKRI.

      Beritanarwastu.com Majalah NARWASTU pada Jumat siang, 14 Juni 2019 lalu, kedatangan tamu seorang cendekiawan, Ir. Lintong Manurung, M.M. Dia mantan Staf Ahli Partai Demokrat di DPR-RI dan pensiunan dari Kementerian Perdagangan RI. Selama ini dia dikenal anak bangsa yang peduli pada persoalan negeri ini, sehingga ia aktif di berbagai organisasi memberikan ide-ide, sikap dan pokok-pokok pemikiran. Mantan aktivis GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) dan bekas Ketua DPP PIKI (Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia) ini pernah memimpin Ahok Fans Club, dan kini ia memimpin Gerakan Bangun Nusantara. Pada 2005 lalu, ia pernah disebut-sebut sebagai bakal Calon Bupati Toba Samosir, Sumatera Utara. Pasalnya ia memang figur intelektual, punya kemampuan manajerial serta peduli pada persoalan masyarakat di kampung halamannya.

        Dalam kunjungannya ke kantor NARWASTU, ia memperkenalkan buku baru yang ditulisnya bersama sejumlah cendekiawan dan tokoh nasional berjudul "Strategi dan Kebijakan Industri dan Perdagangan Menyongsong Tahun 2045."  Buku ini diterbitkan Jaringan Pemerhati Industri dan Perdagangan (JPIP) yang dipimpinnya. Di JPIP ia menjabat sebagai ketua umum. Buku ini cukup berbobot dan di dalamnya ada sambutan menteri dan tokoh nasional, seperti Jenderal TNI (Purn.) Luhut Panjaitan (Menko Kemaritiman), Airlangga Hartarto (Menteri Perindustrian), Prof. Dr. Sri Adiningsih (Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI) dan Enggartiasto Lukito (Menteri Perdagangan). 

         Lebih dari sejam Bang Lintong, begitu ia akrab disapa, bertukar pikiran dengan Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah NARWASTU, Jonro I. Munthe, S.Sos tentang bukunya, kegiatan JPIP serta peran media massa di tengah bangsa ini. Ia juga mengatakan, peran media massa itu dahsyat dalam menyampaikan gagasan-gagasan ke publik. Termasuk ia menilai Majalah NARWASTU punya peran strategis di tengah gereja, masyarakat dan bangsa ini. 

        Menurut Lintong, sebenarnya ia berharap agar intelektual Kristen terutama yang muda-muda, baik yang ada di GMKI, GAMKI, PIKI dan Perkumpulan Senior GMKI bisa juga memberikan pokok-pokok pemikiran atau rekomendasi soal industri dan perdagangan kepada pemerintah dan kepada semua pihak yang membutuhkan. "Bangsa ini butuh peran intelektual supaya negeri ini semakin baik. Kita harus lihat Pak Jokowi, dia orang baik yang terus bekerja untuk kesejahteraan dan kemakmuran negeri ini. Pak Jokowi terus bekerja dan peduli pada masa depan bangsa ini. Dalam empat tahun memimpin Indonesia, sudah terlihat hasilnya, seperti ada kemudahan berusaha, stabilitas inflasi, daya saing meningkat, produk-produk kita di pasar diperhitungkan banyak pihak dan pembangunan infrastruktur terus berlanjut. Tujuannya agar bangsa ini semakin maju," ungkap anggota jemaat Gereja POUK Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang kerap memberikan pemikiran-pemikirannya di berbagai forum dan seminar seputar industri dan perdagangan itu.

         Melalui buku yang diterbitkan JPIP ini, Lintong dan kawan-kawan berharap agar para cendekiawan di negeri ini bisa berbuat sesuatu yang signifikan untuk kebaikan Indonesia. "Pada 2045 Indonesia akan merdeka 100 tahun. Kita berharap Indonesia masuk dalam zona ekonomi berpenghasilan tinggi pada tahun 2045. Namun perlu strategi dan langkah-langkah untuk mencapai itu. Dan di dalam buku ini gagasan-gagasan kami tertuang dan kami berbagi pemikiran untuk bangsa dan negeri ini," pungkas Lintong Manurung (69 tahun) yang dikenal cerdas dan hobi berdiskusi. Semasa mahasiswa Lintong aktif dulu sebagai pengurus BPC GMKI Bandung, dan ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Regional II Pengurus Pusat GMKI (1978-1980).

 Di buku terbitan JPIP berjudul "Strategi dan Kebijakan Industri dan Perdagangan Menyongsong Tahun 2045" ini sejumlah tokoh nasional ikut memberi sambutan. Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dalam sambutannya mengatakan, “Saya menyambut baik penerbitan buku Strategi dan Kebijakan Industri dan Perdagangan Menyongsong Tahun 2045. Yang disusun oleh tim penulis dari Jaringan Pemerhati Industri dan Perdagangan. Terbitnya buku ini dilatarbelakangi oleh kepedulian para penulis terhadap pembangunan ekonomi nasional khususnya bidang industri dan perdagangan dalam menghadapi persaingan di masa depan, di mana eskalasi ketidakpastian global terus meningkat. Oleh karena itu, saya secara khusus memberi apresiasi kepada para penulis atas kerja keras dan usaha yang telah diberikan sehingga buku ini dapat terbit dan tentunya diharapkan dapat menjadi tambahan referensi baik bagi pemerintah, akademisi, pengusaha dan masyarakat luas.”

   Dalam sambutannya di buku ini, Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, menuturkan, “Indonesia emas 2045 yang bertepatan dengan 100 tahun kemerdekaan Indonesia adalah cita-cita dan harapan seluruh masyarakat untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju dan mandiri yang berpenghasilan tinggi dan disegani oleh dunia. Dalam upaya mewujudkan visi tersebut, Pemerintah telah menyusun langkah-langkah strategis yang meliputi empat (4) pilar utama, yaitu Pembangunan Manusia dan Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pembangunan Ekonomi yang berkelanjutan, Pemerataan Pembangunan, serta Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Pemerintahan.”

Menko Kemaritiman, Jenderal TNI (Purn.) Luhut Panjaitan dalam sambutannya di buku ini pun menuliskan, “Pertama mengucapkan selamat atas terbitnya buku yang berjudul Stategi dan Kebijakan Industri dan Perdagangan Menyongsong Tahun 2045 ini. Buku yang penting karena menjadi dokumen pembanding Visi Indonesia 2045 -tama, sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia maupun selaku pribadi, saya dan sekaligus menjadi referensi bagi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) kita. Saya yakin bahwa buku yang melihat jauh ke depan itu patut dibaca karena ditulis oleh para pakar yang sudah terjamin kematangannya serta dikenal di masyarakat. Elok kita mengacungkan jempol kepada Dewan Pimpinan Pusat Jaringan Pemerhati Industri dan Perdagangan (JPIP) yang dipimpin oleh saudara Lintong Manurung karena mampu menuangkan berbagai pemikiran tajam tersebut dalam sebuah buku yang kompak dan cukup komprehensif.”

Ir. Lintong Manurung, M.M. sendiri dalam pengantarnya di buku ini menulis, “Terbitnya buku Strategi dan Kebijakan Industri dan Perdagangan Menyongsong Tahun 2045 ini menunjukkan tingginya keperdulian, komitmen, semangat, dan usaha yang tidak pernah lelah dari seluruh pemerhati dan pakar yang tergabung dalam Jaringan Pemerhati Industri dan Perdagangan (JPIP) ini untuk memberikan sumbangan pemikiran dan mengambil peran dalam pembangunan ekonomi lndonesia, sebagaimana diamanatkan oleh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga JPIP guna mewujudkan kemandirian dan daya saing ekonomi bangsa di masa depan.”

Berita Terkait