PBDK “Manna Kasih” Mengadakan Seminar Keluarga

1485 dibaca
Sebagian panitia tampak diabadikan bersama salah seorang pembicara, Dra. Destryna Nainggolan, M.A.

           BERITANARWASTU.COM. Pertanyaan pertama, mungkin adalah, apa itu PBDK “Manna Kasih?” Ya, ini adalah lembaga independen yang kepanjangannya Pusat Bimbingan dan Diklat Konseling (Di bawah naungan Yayasan Rumah Sehat Bukit Sentul/RSBS). Direktur PBDK “Manna Kasih ialah Dr. Drs. Tema Adiputra Harefa, M.A., dan Ketua Yayasan RSBS merangkap Penasihat PBDK “Manna Kasih” ialah Dr. dr. Cleve Sumeisey, MARS. Nama-nama pengurus selengkapnya: Dr. dr. Selly Tehupeiory, M.A. (Sekretaris) dan Merry Rosiana Fu (Bendahara). Sedangkan anggota pengurus: Dr. Horas Simatupang, M.A., Yuna Gunawan, Sinarwati Winata, Rini Sastra Atmadja, Edward Gunawan, Meity Nelwan, Dr. Ronny Wongkar, M.A., dan Eva Tjen.

       Akan banyak kegiatan yang dimunculkan PBDK “Manna Kasih” di waktu-waktu mendatang terkait dengan konseling. Antara lain seminar, workshop, kursus, KKR dan ceramah di Jabodetabek maupun di daerah-daerah lain di seluruh Indonesia. Dari pengamatan beberapa tahun belakangan ini terhadap pelayanan konseling dan penyembuhan  penyakit fisik dan jiwa, didapat pelajaran bahwa penyakit tidak berdiri sendiri secara fisik, tetapi terkait dengan jiwa, sosial dan rohani.

         Hanya pelayanan konseling yang holistik mampu “melihat” penyakit dari segala sisi, dan memulihkannya di dalam kasih dan kuasa Tuhan Yesus. Melalui konseling, seseorang dituntun kepada Tuhan Yesus, percaya dan bertobat, berubah dan menjadi manusia baru sesuai dengan citra Allah mula-mula. Maka ia sendiri akan menemukan dan memperoleh jalan pemulihan yang sejati itu.

Itu sebabnya, pada Sabtu, 16 September 2017 lalu bertempat di Graha Bethel, Jakarta Pusat, PBDK “Manna Kasih” mengadakan seminar konseling pemulihan keluarga dengan tema “PEMULIHAN HATI DALAM KELUARGA UNTUK MENGHADAPI KRISIS ZAMAN” dari pukul 08.30 sampai 16.00 WIB. Peserta seminar ini berjumlah 90-an. Selain mendapat sertifikat, peserta pun mendapat “berkat” doorprize. Turut mengisi kesaksian pujian di dalam seminar ini Yanuar Ikhlas Hulu, Paduan Suara “Manna Kasih” dan spontanitas dari peserta seminar. Panitia seminar ini berjumlah 20 orang yang terdiri dari pengurus PBDK “Manna Kasih” dan simpatisan yang bergabung di dalam “Keluarga Manna Kasih.”

Seminar ini sangat penting. Di dalam keluarga, ada banyak problema hidup. Orang tua dan anak-anak tak pernah lepas dari problema hidup. Bersyukurlah, bila ada solusi yang selalu muncul untuk mengatasinya. Terlebih bila itu adalah solusi secara Alkitabiah. Namun, persoalannya terkadang hanya untuk memikirkan solusinya saja sudah tidak sanggup lagi. Maka, larut dan hanyutlah anggota keluarga itu dalam problema hidup yang tak pernah tertuntaskan itu. Ini menimbulkan penderitaan yang sangat dalam. Akan muncul akar kepahitan di dalam hati. Akan banyak waktu, tenaga, pikiran, dana yang tersia-siakan. Hidup pun menjadi suram. Putus asa, dan tak bermakna.

Seminar yang diselenggarakan PBDK  “Manna Kasih” ini membukakan proses solusi problema hidup yang dialami keluarga. Dengan cara konseling. Dan, memotivasi setiap anggota keluarga untuk juga mau dan mampu menjadi konselor. Sehingga dengan demikian keluarga dipulihkan, bahkan anggota keluarga dapat menjadi konselor bagi orang lain. Hidup pun semakin berharga. Dan menjadi kesaksian hidup yang menyenangkan hati Tuhan.

Jalannya seminar penuh dengan keseriusan dan fokus. Namun diselingi humor dari pembawa acara/MC maupun para pembicara dan moderator. Suasana kekeluargaan terasa sekali. Pertanyaan maupun tanggapan terhadap apa yang disampaikan para narasumber di seminar ini pun banyak, menggambarkan betapa persoalan di tengah-tengah keluarga pun penuh dengan dinamika dan berpotensi menghancurkan keluarga tersebut.

 

Salah seorang panitia seminar mengajak para peserta seminar untuk merelaksasi otot-otot  setelah sekian lama duduk. 

 

Sebelum sesi pertama seminar dimulai, diadakan dulu ibadah singkat yang dipimpin oleh Dr. Tema Adiputra Harefa dengan membawakan renungan  Firman Tuhan dari Keluaran 16:9-21. Yang intinya, agar keluarga Kristiani belajar dari pengalaman bangsa Israel yang diproses Tuhan selama 40 tahun di padang gurun. Ada bukti pemeliharaan dan kasih Tuhan terhadap bangsa itu, yang juga berarti pemeliharaanNya terhadap setiap keluarga dari bangsa Israel. Tuhan memberikan solusi dari setiap problema hidup umat manusia. Oleh sebab itu, orang-orang percaya jangan pernah tidak memberikan “manna” (solusi) dengan penuh kasih terhadap sesama manusia yang kita jumpai, yang dihimpit problema hidup.

Selanjutnya, usai ibadah berturut-turut tampil pembicara/narasumber menyampaikan makalahnya. Sesi I “Fakta-fakta Masalah Keluarga di Zaman Krisis” oleh Dr. Peggy Wowor, S.E., M.A., M.Th., Ph.D  (Pengkhotbah di TV, dosen dan konselor).  Sesi II “Ketahanan Psikologis dan Rohani Dalam Menghadapi Krisis” Dra. Destryna Nainggolan, M.A. (Praktisi psikolog, dosen dan terapis, profesional konselor). Sesi III “Kesehatan Jasmani Keluarga dan Faktor-faktor yang Terkait” Dr. dr. Ruyandi Hutasoit, Sp.U, M.Th., Ph.D (Ketua Yayasan Doulos, dosen dan konselor). Sesi IV “Konseling Sebagai Kebutuhan Mutlak Bagi Keluarga yang Diberkati Tuhan” Pdt. Dr. Albert Loho, M.Pd.K, D.Th., Ph.D (Ketua STT Sunergeo, dosen, Konselor). Adapun moderator di keempat sesi itu Dr. Tema Adiputra, Dr. Horas Simatupang, Dr. dr. Cleve Sumesey dan Dr. dr. Selly Tehupeiory.

Di akhir acara seminar, Penasihat PBDK “Manna Kasih”, Cleve Sumesey berkesempatan menyampaikan catatan-catatan khusus untuk peserta seminar. Yakni: selamatkanlah keluarga kita, dan orang-orang yang kita kasihi, orang-orang yang membutuhkan pertolongan kita sebagai saluran berkat Tuhan. Melalui konseling yang berdasarkan Firman Tuhan dan kasih Allah, kita pasti mampu menolong mereka berjumpa dengan Tuhan Yesus Juruselamat dunia.

Kemudian, seluruh rangkaian acara seminar pun ditutup dengan dengan doa oleh Pdt. Paulus Ronsumbre, S.Th., dari panitia seminar. Dan acara ini didukung oleh Majalah Kristiani NARWASTU  dan acara “Yesus Jawaban” di Radio Pelita Kasih (RPK) 96,30 FM. Nah, bila pembaca ingin mendapatkan informasi lebih banyak tentang PBDK “Manna Kasih” hubungi HP: 081318184648 atau email: manna.k4sih@gmail.com). JH

Berita Terkait