Rohaniwan Bicara Soal Teknologi yang Kian Canggih

702 dibaca


Beritanarwastu.com. Dewasa ini perkembangan teknologi informasi (komunikasi), termasuk dunia maya, makin canggih saja. Jangan heran kalau anak-anak di pedesaan sudah banyak yang bisa mengakses internet untuk mengetahui informasi, termasuk face book (situs jaringan sosial), itu bukan barang langka lagi bagi mereka. Juga hadirnya telepon seluler (ponsel) atau hand phone (HP) Black Barry, telah membuat banyak masyarakat di perkotaan makin mudah mengakses internet. Soalnya, Black Barry punya fasilitas internet. Dan kini ada pula layanan WA (Whatsapp)

Di pihak lain, ada layanan pesan pendek (SMS) dari institusi tertentu yang bisa dihubungi setiap saat, lalu ada rohaniwan, paranormal (peramal) dan motivator tertentu yang bisa memberi kalimat-kalimat motivasi atau kata-kata bijak. Ini adalah berkat perkembangan teknologi. Menyikapi perkembangan teknologi komunikasi ini, Romo Eddy Purwanto Pr., Sekretaris Kerasulan Awam KWI (Konferensi Waligereja Indonesia) menuturkan, warga gereja harus bijak menyikapinya.

Romo Eddy menuturkan, perlu ada sikap yang bijak untuk menghadapi adanya iklan-iklan paranormal yang menawarkan solusi atas persoalan hidup manusia lewat SMS. Di mana paranormal itu ada yang memberi solusi tentang peruntungan, jodoh atau kesulitan hidup lainnya. “Saya melihat anak-anak muda banyak yang menyukainya. Mereka minta jalan keluar, dan itu mudah diterima karena tersugesti. Padahal, dengan kata-kata bijak yang disampaikan orangtuanya pun sebetulnya bisa didapatkan solusi,” paparnya.

Dalam pandangan Romo Eddy, saat ini ada fenomena, di mana para motivator banyak yang mengutip ayat-ayat atau kalimat-kalimat dari kitab suci saat berhadapan dengan orang yang menghadapi masalah. “Iya, sah-sah saja. Namun, adalah tugas rohaniwan untuk menjaga iman dan moral umatnya. Rohaniwan, apakah ia pastur, pendeta atau majelis harus bisa memberi bimbingan terhadap umat yang menghadapi persoalan hidup. Harus ada terus bimbingan spiritual pada umat,” ujarnya.

Berbicara tentang perkembangan teknologi informasi, katanya, Paus Benedictus XVI pun pernah mengatakan, bahwa teknologi informasi yang makin canggih bisa dipakai guna membantu kegiatan penyampaian kabar gembira. NP

Berita Terkait