Bupati Taput Sambut Baik Ephorus dan Sekjen HKBP Baru

1031 dibaca
Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Drs. Nikson Nababan dan Pdt. David Sibuea, M.Th.

beritanarwastu.com. Sinode Godang (semacam kongres atau munas) HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) telah berakhir dengan baik dan lancar di Seminari Sipoholon, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Sinode Godang yang digelar sejak 12-18 September 2016 itu memang menarik, dinamis dan menjadi perhatian dari banyak anggota jemaat HKBP, elite politik, pemuka masyarakat Batak dan pimpinan gereja di Tanah Air. Bisa dimaklumi, HKBP adalah gereja terbesar di Indonesia dan Asia dengan jemaat 3,5 juta jiwa. HKBP pun ormas keagamaan ketiga terbesar di Indonesia setelah NU dan Muhammadiyah.

Dan di perhelatan itu, telah terpilih Ephorus dan Sekjen HKBP yang baru, Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing dan Pdt. David Sibuea, M.Th. M.Div. Sekalipun banyak yang mengkritisi perhelatan ini, karena tak ada menteri yang hadir, serta tak ada sambutan PGI di acara ini, Ephorus dan Sekjen HKBP periode 2012-2016, Pdt. WTP Simarmata, M.A. dan Pdt. Mori Sihombing, M.Th dinilai sukses menggelar acara dengan biaya sekitar Rp 3 miliar itu.

Bupati Tapanuli Utara (Taput), Drs. Nikson Nababan yang juga anggota jemaat HKBP menyambut baik terpilihnya Ephorus dan Sekjen HKBP baru. “Selamat buat Ephorus dan Sekjen HKBP yang baru, kiranya sukses dalam menjalankan tugas pelayanan di tengah jemaat HKBP dan masyarakat,” ujar tokoh muda nasionalis yang banyak mendapat penghargaan dari berbagai pihak, karena ia cukup berprestasi sebagai Bupati Taput, terlebih sejak Bandara Silangit, Siborongborong, dibuka bagi publik dan telah dihadiri banyak tokoh nasional, termasuk Presiden RI Joko Widodo.

Kepada Majalah NARWASTU, Nikson Nababan yang termasuk dalam “21 Tokoh Kristiani 2014 Pilihan NARWASTU” sudah menyampaikan bahwa pemimpin spiritual atau pemimpin agama, seperti di HKBP mesti menjadi teladan dan sumber kekuatan serta motivasi bagi jemaat. “Pemimpin HKBP harus terus menyuarakan pesan moral dan suara nabiah ke tengah bangsa ini,” cetus tokoh muda religius dan humanis, yang baru-baru ini menerima penghargaan sebagai “Bupati Inovatif 2016 Pilihan MNC Group”  ini.  

             “Ketika pimpinan HKBP itu menyampaikan khotbah dari mimbar, maka jemaat mesti bisa mendengarnya. Sehingga di sinilah pimpinan HKBP harus bisa lebih banyak berdoa, mampu memberi teladan, peduli pada persoalan masyarakat dan harus berani bersikap, serta tidak dikendalikan oleh kekuatan manapun. Kita bersyukur atas kedua pimpinan HKBP yang baru terpilih ini. Kita doakan keduanya sukses, dan saya pun berdoa untuk itu,” pungkas Nikson Nababan, yang semasa pengusaha dikenal pula seorang motivator serta mantan wartawan handal. TS  

 

 

Berita Terkait