Ibadah Generasi Muda Parna (GEMPAR) Se-Jabodetabek Bersama Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi NARWASTU

161 dibaca
Suasana acara ibadah dan pertemuan GEMPAR Se-Jabodetabek di kediaman Jonro I. Munthe, S.Sos di Harapan Indah, Kota Bekasi.

Beritanarwastu.com Pada Sabtu malam, 27 Juli 2019 lalu Generasi Muda Parna (GEMPAR) se-Jabodetabek menggelar ibadah syukur bulanan di kediaman Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Majalah NARWASTU, Jonro I. Munthe, S.Sos di kawasan Harapan Indah, Kota Bekasi. Acara diawali dengan ibadah yang dipimpin Pdt. Ronald Saragih, M.Th, lalu dilanjutkan makan malam bersama. Kemudian Ketua Umum GEMPAR Se-Jabodetabek, Christian Hagi Sidabutar, S.E., M.M. memaparkan sejarah dan aktivitas GEMPAR sejak berdiri pada 11 Juli 2015 hingga saat ini. 

          Dalam pertemuan ini, GEMPAR juga meminta Jonro Munthe yang merupakan peraih award sebagai "Jurnalis Muda Motivator 2009 Pilihan Majelis Pers Indonesia/MPI" memberikan motivasi kepada kaum muda Batak ini. Dan GEMPAR selama ini menilai Jonro figur yang tokoh muda Kristiani yang nasionalis, inspiratif, peduli pada budaya daerahnya dan mampu memotivasi kaum muda. GEMPAR kini sudah terdaftar di Kemenhukam RI sebagai ormas paguyuban pemuda, yang peduli pada persoalan masyarakat dan bangsa. GEMPAR pun sering melakukan seminar, retreat, kunjungan kasih ke panti asuhan dan mengunjungi tokoh-tokoh masyarakat dan cendekiawan untuk memberi pembekalan dan motivasi.

          Sedangkan dalam khotbah yang disampaikan Pdt. Ronald Saragih ditegaskan, anak-anak muda Kristen harus hidup seturut dengan ajaran Tuhan Yesus jika ingin sukses dalam hidup ini. Dan, kata Pdt. Ronald, kalau ingin sukses harus menjaga pergaulan, dan jangan bergaul dengan orang-orang yang bisa merusak diri. Dan hal yang tak kalah pentingnya jika ingin sukses, mesti mendengar didikan orangtua dan hormat pada orangtua.

         Sementara Jonro Munthe yang merupakan lulusan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta saat memberi motivasi mengimbau agar kaum muda GEMPAR sekalipun berlatar belakang marga Batak mesti berjiwa nasionalis, tangguh secara mental dan beriman teguh. Kata Jonro, jika hidup kita ini ingin berarti pada banyak orang, maka berbuatlah sesuatu yang baik pada sesama. Dan jika ingin sukses, teruslah belajar, mengembangkan diri dan kerja cerdas. Dan yang paling penting, sukses tak ada artinya tanpa melibatkan Tuhan. Sehingga tetaplah berjuang dan berdoa.

           Jonro Munthe yang beribadah di Gereja GPIB Harapan Indah, Kota Bekasi, pun mengarahkan kaum muda GEMPAR ini agar cerdas dan bijak memanfaatkan media sosial (Medsos) dalam kehidupan sehari-hari. Karena Medsos itu sudah menjadi keseharian dari generasi muda zaman now dan punya pengaruh dahsyat. Jadi, katanya, manfaatkanlah Medsos untuk tujuan yang positif, sumber informasi yang dapat dipercaya, dan postinglah hal-hal yang menginspirasi dan memotivasi. "Dan jangan ikut menyebarkan hoaks lewat Medsos, tapi sebarkanlah kebaikan yang bisa membuat kedamaian dan menginspirasi banyak orang," pungkas pria beristri Faridawati Rajagukguk dan punya tiga anak, serta pencetus pemilihan tokoh-tokoh Kristiani yang mampu menginspirasi dan memotivasi lewat Majalah NARWASTU sejak tahun 1999 lalu itu. DF

Berita Terkait