PERWAMKI akan Gelar Seminar Kebangsaan Menjelang Mubes 2016

603 dibaca
Rapat tim PERWAMKI dipimpin Yusak Tanasyah, Robi Repi dan Markus Saragih di Wisma Arion, Rawamangun, Jakarta Timur.

BERITANARWASTU.COM. Saat memimpin rapat PERWAMKI (Perkumpulan Wartawan Media Kristiani Indonesia) pada Selasa siang, 2 Agustus 2016 lalu di Wisma Arion, Rawamangun, Jakarta Timur, seusai berdialog dan meminta arahan dari salah satu Penasihat PERWAMKI, U.T. Murphy Hutagalung, MBA, Robi Repi, S.H., M.Th selaku Ketua Panitia Mubes V 2016 PERWAMKI sudah membuat sejumlah program pra-mubes. Menurut mantan Ketua PERWAMKI (2008-2011) ini, sejumlah isu penting di negeri ini, seperti persoalan hukum dan HAM, termasuk isu SARA (suku, agama, ras dan antargolongan) akan didiskusikan untuk dicari solusinya, dan diberitakan di berbagai media. Misalnya, seputar kasus pelarangan babi panggang Karo (BPK) dijajakan di Deli Serdang, Sumatera Utara, dan kasus pembakaran tempat ibadah Budha di Tanjung Balai, Sumut.

Menurut Robi Repi yang juga Convocator FUKRI (Forum Umat Kristiani Republik Indonesia) dan anggota Persatuan Alumni GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia), ia bersama tim PERWAMKI berencana pula untuk berkomunikasi dengan pimpinan DPN PERADI, DPP PIKI, FORKOM NARWASTU, dan organisasi-organisasi lainnya yang punya kepedulian terhadap persoalan masyarakat dan bangsa ini. “Kita perlu bicara dengan tokoh kita, seperti Bang Said Damanik, S.H., M.H., karena beliau tokoh senior di DPN PERADI (Perhimpunan Advokat Indonesia) dan beliaupun salah satu Penasihat PERWAMKI. Beliau pasti banyak informasi tentang persoalan sosial, politik dan hukum di negeri ini. Isu-isu hukum dan sosial di negeri ini perlu diangkat dalam sebuah seminar atau diskusi kebangsaan untuk pencerdasan ke publik. Menjelang Mubes V PERWAMKI kita perlu adakan diskusi bersama dengan Penasihat PERWAMKI. Selain itu, akan diadakan ibadah syukur di Jakarta sebelum berangkat ke Singapura,” ujar Robi Repi.

Robi menambahkan, ia dan tim panitia akan terus mensosialisasikan seputar Mubes V PERWAMKI 2016 di Singapura kepada Penasihat PERWAMKI, seperti Pdt. DR. Nus Reimas, Constant M. Ponggawa, S.H., L.LM, T.P. Jose Silitonga, S.H., M.A., Brigjen TNI (Purn.) Harsanto Adi, Ibu SAL Tobing Silitonga, M.A, Jakub Pratama, Laksma TNI (Purn.) Bonar Simangunsong, Dr. H.P. Panggabean, S.H. dan penasihat lain serta tokoh-tokoh Kristiani yang peduli terhadap keberadaan jurnalis Kristiani. “Sejak 2008 lalu, saat saya Ketua PERWAMKI kita sudah mengadakan kerjasama untuk mengadakan seminar dan diskusi dengan PGI, PIKI, PGLII, GBI, dan sejumlah ormas Kristen. Dan kita mau gaungkan lagi semangat intelektual kaum jurnalis Kristiani itu,” pungkas Robi yang mantan aktivis kampus di Universitas Sam Ratulangi, Manado. TS

Berita Terkait