Victor Edison Simanjuntak Pantas Jadi Gubernur Sumut

1593 dibaca
Brigjen Pol. (Purn.) Drs. Victor Edison Simanjuntak, S.E., M.Sc.

                BERITANARWASTU.COM.  Mantan Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipideksus) Bareskrim Polri, Brigjen Pol. (Purn.) Drs. Victor Edison Simanjuntak, S.E., M.Sc adalah salah satu dari banyak jenderal purnawirawan Polri yang tetap punya kepedulian untuk membangun negeri ini agar lebih baik setelah pensiun. Victor Simanjuntak yang dikenal publik saat ia mulai menjabat sebagai salah satu petinggi Bareskrim Polri di era Komjen Pol. Budi Waseso, dikenal pula figur yang berani mengungkap kasus-kasus korupsi besar, seperti kasus daging sapi, Kondesat, SKK Migas, TPPI, Pertamina Foundation, dan PT. Pelindo II yang sempat mengganggu perekonomian nasional.

                Di kalangan Polri, Victor Simanjuntak dikenal sosok yang vokal dan berani. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan (Kapusdik) Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri, juga Kanit Vice Control Bareskrim Polri dan Kabag Polsus Deputy Ops Polri. Di era Budi Waseso sebagai Kepala Bareskrim Polri, nama Victor Simanjuntak kerap diperbincangkan di media massa nasional, televisi dan media sosial (medsos), lantaran keberaniannya mengungkap kasus-kasus korupsi yang melibatkan sejumlah petinggi negeri ini.

                Sejak pensiun dari Mabes Polri, sejumlah elemen masyarakat, pemuka masyarakat, cendekiawan, pimpinan gereja, pers dan cendekiawan asal Sumatera Utara (Sumut) sudah mulai menyebut-nyebut nama jenderal purnawirawan bintang satu ini sebagai sosok yang layak jadi Gubernur di Sumut, yang juga kampung halaman Victor. Pasalnya, selama ini daerah Sumut dikenal salah satu provinsi yang luar biasa rentan dalam hal kasus korupsi. Bahkan, sejumlah anggota DPRD Sumut, termasuk dua Gubernur Sumut sudah pernah ditahan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) karena terlibat kasus korupsi. Dan Sumut butuh orang tegas seperti Victor Simanjuntak.

                Victor Simanjuntak yang dikenal seorang Kristen yang taat, dan berjemaat di Gereja GPIB Paulus, Jakarta, pernah menyampaikan ke media massa, jika melihat persoalan korupsi di Sumut, ia bisa lebih gila dari Ahok (Ir. Basuki Tjahaya Purnama, M.M., Gubernur DKI Jakarta) untuk mengungkap kasus korupsi tersebut. Selama ini Ahok memang dikenal seorang kepala daerah yang berani mengungkap kasus korupsi. Tak heran, kalau Ahok disebut-sebut figur yang urat takutnya sudah putus.

                Sehubungan dengan nama Victor Simanjuntak yang kini sudah mulai ramai digaungkan berbagai media massa, termasuk media sosial, banyak elemen masyarakat, baik warga gereja, komunitas marga dan organisasi kemasyarakatan yang sudah terbuka menyatakan dukungan terhadap Victor. Dalam sebuah kesempatan, Victor Simanjuntak mengatakan, sedih dengan ulah sejumlah oknum pejabat di Sumut yang gaya hidupnya hedonis, pragmatis dan konsumtif. Padahal banyak daerah tertinggal di Sumut yang perlu dukungan dana untuk pembangunan infrastruktur.

                Aktivis muda Kristen, Ev. Imanuel Ebenhaezer Lubis yang merupakan Ketua Umum Lembaga Pelayanan Generasi Penerus Bangsa kepada Majalah NARWASTU menerangkan, Pak Victor Simanjuntak adalah salah satu putra terbaik bangsa dari lembaga Polri yang harus didukung untuk membangun bangsa ini agar semakin baik dan makmur serta jauh dari korupsi.

              “Kita mendukung orang Kristen seperti Pak Victor Simanjuntak agar bisa kelak menjadi Gubernur Sumut. Kita doakan agar partai politik pun mendukungnya. Beliau figur yang berani dan bersih serta tegas memberantas korupsi, dan layak memimpin Sumut agar lebih baik dan makmur,” ujar Relawan Sahabat Victor Simanjuntak (VES) dan pendiri lembaga Pemberdayaan Generasi Penerus Bangsa ini.

                Sekadar tahu, Edison Simanjuntak lahir di Pematang Siantar, Sumut, pada 16 Agustus 1957 silam. Suami tercinta Liana Anwar boru Tambunan ini, mengikuti pendidikan SD, SMP dan SMA di Sumut. Lalu ia masuk ke Akademi Kepolisian (Akpol). Ia pun pernah mengikuti pendidikan di PTIK, Sespim Polri, Sespati/LEMHANNAS (Lembaga Ketahanan Nasional).

              Dalam kariernya sebagai perwira yang tergolong berprestasi, Victor Simanjuntak pernah dipercaya sebagai Kapolsek Parengan Tuban (1985), Kapolsek Jatirogo Tuban, Kapolsek Baureno Bojonegoro dan Kapolsek Batu Malang (1989-1992). Victor pun pernah dipercaya sebagai Kapolres Ngada NTT (Nusa Tenggara Timur), Kapolres Kupang, Kepala Biro Personil  Polda Papua, Kabag Polsus Deputi Operasi Polri dan Kabag Kerma Luar Negeri Lemdik Polri dan Direktur Tipideksus Bareskrim Polri (2014-2015). TK   

Berita Terkait